Yuk, Kenali Istilah Golf untuk Pemula

1:17 AM


Source: wallpaper.mob.org
Olahraga golf memang terdengar eksklusif khususnya bagi kaum muda karena identik dengan gaya hidup yang mahal. Namun, jika Anda memang sudah memiliki kegemaran tersendiri terhadap olahraga golf, tentunya olahraga ini akan sangat menarik bagi Anda.
Sebelum Anda sebagai pemula terjun langsung ke lapangan, tentu Anda harus memahami terlebih dahulu istilah di dalam pertandingan golf agar tidak salah langkah. Ini dia beberapa istilah permainan golf yang harus Anda kenali:

PAR
Istilah PAR dalam golf dikenal sebagai hasil skor dalam bermain golf sesuai dengan peraturan yang sudah ditetapkan pada setiap hole. Setiap hole memiki PAR yang berbeda-beda nilainya. Contohnya, pada hole pertama ditetapkan bola dipukul hanya 4 kali, sehingga jika Anda dapat memukul bola sebanyak 4 kali, itu yang disebut dengan PAR.

Birdie                                       
Istilah golf birdie, adalah satu pukulan di bawah PAR. Skor jika pemain dapat melakukan pemukulan bola di hole manapun. Sebagai contoh, pada satu hole ditentukan peraturan maksimal 4 kali, maka Anda hanya cukup memukul bola 3 kali dan dapat di skor birdie.

Gross / Nett
Gross dan nett dalam permainan golf adalah istilah dimana akumulasi jumlah pukulan yang dilakukan pemain pada sebuah hole setelah dikurangi nilai handicap.

Bogey
Istilah bogey digunakan untuk menunjukkan jika pemain melakukan satu pukulan di atas PAR pada sebuah lubang.

Source: www.tourismpei.com
Selain terdapat istilah untuk skoring atau penilaian di lapangan golf, ada juga istilah pukulan golf di dalam turnamen golf. Sebelum bermain atau mengikuti turnamen, ada baiknya Anda mengenali terlebih dahulu istilah pukulan golf berikut ini:

Tee Shot
Tee shot adalah sebuah istilah pukulan servis dalam golf, pukulan yang pertama kali dilakukan di atas tee box atau dinamakan tee off. Tee shot dilakukan menggunakan driver dan iron.

Fairway Shoot
Pukulan fairway menggunakan tenaga yang kuat dikarenakan posisi bola yang jauh dari hole. Pukulan ini biasanya menggunakan stick golf jenis wedges atau iron.

Putting Shot
Pukulan putting adalah pukulan yang paling sulit diantara yang lain dan dilakukan pada saat berada di zona green. Biasanya pukulan putting dibantu dengan menggunakan putter, stik yang digunakan untuk jarak pendek.

Bunker Shoot
Bunker shoot adalah pukulan yang biasa dilakukan apabila bola mendarat di atas bunker. Stik golf yang dilakukan dengan menggunakan stik golf jenis wedges.

Itu dia beberapa istilah yang biasa digunakan dalam turnamen atau bahkan latihan golf yang umum dipakai. 

You Might Also Like

1 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Search This Blog

Subscribe